Mendidik dengan kekuatan fitrah


Great Life, NHW / Thursday, March 7th, 2019

Alhamdulillah, sudah 4 sesi pembelajaran dilalui.. saatnya mereview kembali,

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Setelah menjalani matrikulasi ini beberaoa minggu dan dikombinasikan dengan urusan domestik, saya ingin menambah jurusan ilmu yang ingin dikuasai, list priority nya menjadi berubah..
Ternyata, untuk menjalani aktivitas yang seabreg-abreg saya sepertinya membutuhkan Jurusan Ilmu Penyucian Jiwa 😅
Jika tidak keliru dikenal dengan Tazkiyatun Nafs.. menjalani seluruh peran sebagai individu, istri, dan ibu, ingin mewujudkan mompreneur shalihah harus didukung dengan hati yang suci .. bismillah ..

b. Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Dengan sedih saya mengakui bahwa Checklist harian saya belum terisi namun aktivitas yang dilakukan Alhamdulillah 45% sudah terlaksana dari list yang saya buat. Semoga saya berhasil dalam adaptasi dengan peran baru ini. Aamiin ..

c.Baca dan renungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

To be honest, terkadang saya masih bertanya-tanya untuk apa saya ada disini, sebagai apa, menjalani apa.
Waktu demi waktu sudah dilalui, mengikuti alur yang ada, tumbuh kembang dari kecil hingga dewasa. Nilai-nilai yang ditanamkan oleh keluarga adalah dan memang seharusnya nilai-nilai kebaikan. Untuk apa? Untuk memberi manfaat, bagi diri sendiri dan orang lain, sesuai peran kita.

Allah takdirkan saya untuk menjadi perempuan, berarti Allah yakin bahwa saya mampu mengemban tugas ini, kodrat perempuan, menjadi diri sendiri, istri, dan ibu. Selanjutnya, bagaimana saya memberi manfaat dengan peran saya tsb.

Saya tertarik dengan hal yang berkaitan dengan kerumahtanggaan, menjadi istri dan ibu terbaik, ingin seperti ibu saya,
‎ibu saya adalah fulltime mom yang perfectionist, rumah kami selalu bersih makanan dirumah enak enak, dan ibu saya cerdas sekali.

namun tidak dapat dipungkiri selain itu saya juga menyenangi berinteraksi dengan banyak orang. Menjadi pengusaha online sukses adalah salah satu citacita saya.
Dengan menjadi mompreneur, harapan saya mampu menjadi wanita mandiri yang berpenghasilan walau dari dalam rumah. Tanpa mengabaikan hak dan kewajiban terhadap suami dan anak. Dapat bonus berpahala insyaAllah karena berdagang adalah anjuran Rasulullah
Pun dengan berdagang tetap mampu menyebarkan dakwah kebaikan melalu interaksi dengan banyak orang dari akun official online shop, jadi dagang sambil dakwah.

Dengan ketertarikan saya thd hal tersebut saya mengganggap itu adalah bekal dari Allah untuk saya menjalani misi hidup saya.

Oleh karena itu misi hidup saya adalah
Menjadi mompreneur salihah yang memberi manfaat bagi sekitar. Dengan bidang ilmu yang akan saya geluti secara khusus untuk peran ini adalah parenting menurut pedoman islam dan ilmu bisnis. Dengan peran khusus saya adalah inisiator, eksekutor dan motivator.

ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup ini antara lain :
1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak, khususnya ala Rasulullah
2. Bunda Cekatan : Ilmu manajemen waktu,
3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu bisnis modern, Khususnya manajemen pengelolaan online shop, ilmu promosi, ilmu memasak
4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang

Untuk memandu setiap perjalanan saya menjalankan Misi Hidup ini, saya menetapkan KM 0 pada usia 26 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai 10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup.

Saya dedikasikan setiap hari selama 6 jam untuk mencari ilmu, dan mempraktekannya.

Milestone yang saya tetapkan adalah sbb :
KM 0 – KM 1 (usia 27 th) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang
KM 1 – KM 2 (usia 28 th ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan
KM 2 – KM 3 (usia 29 th ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif
KM 3 – KM 4 (usia 30 th) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

Alhamdulillah waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas sudah masuk didalam checklist di NHW#2
Bismillah, semoga Allah mudahkan ..

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.